Percobaan Cahaya

Siswa Kelas IV SDN Belitung Utara 1 sangat antusias dalam melakukan percobaan tentang cahaya.

Membuat Cakram Warna

Belajar membuat cakram warna untuk membuktikan cahaya matahari yang putih berasal dari beberapa warna.

Pramuka di SDN Belitung Utara 1

Asyik dan semangatnya pramuka siaga dan penggalang dalam latihan rutin Pramuka.

Sunday, December 9, 2018

Cara Mengatasi Masalah Microsoft Excel Cannot Open or Save Any More Documents

Assalamualaikum....
Bulan Desember ini waktunya guru-guru sibuk mengolah nilai yang akan dimasukkan ke rapor. Sebagian besar sekolah sudah melaksanakan Kurikulum 2013 (K13) yang berarti rapornya pun versi Kurikulum 2013. Kalau mengolah nilai rapor K13 secara manual membutuhkan waktu yang lama dan rumit. Oleh karena itu, guru-guru menggunakan aplikasi rapor K13 berbasis microsoft excel.

Monday, September 3, 2018

APLIKASI PENGHITUNG UMUR SISWA TERBARU 2018


Seorang guru teladan, tidak hanya baik dalam mengajar maupun mendidik tetapi juga tertib dalam hal administrasi. Sekarang ini, administrasi guru sangat banyak, lebih dari 10 administrasi yang harus dilengkapi. Melengkapi administrasi memang menyita banyak waktu dan tenaga. Kita harus berusaha melengkapi administrasi tersebut walaupun secara bertahap sehingga ketika pengawas ingin menyupervisi administrasi, kita sudah siap.
Salah satu administrasi guru adalah Buku Kehadiran Siswa. Di dalam buku tersebut, kita mengisi kehadiran siswa setiap hari dan juga mengisi biodata siswa. Tidak hanya itu, biasanya ada rekapitulasi umur siswa yang harus diisi seorang guru atau wali kelas. Walaupun hanya sekedar rekap, namun hal ini juga membuat guru pusing mengisinya dan menyita banyak waktu. Apakah ada cara yang cepat untuk mengisinya? Penulis akan memberikan salah satu solusi dari permasalahan tersebut.
Penulis sendiri mencari cara menghitung umur siswa dengan cara googling sana sini. Ada aplikasi yang didapat tapi tahunnya sudah kadaluarsa, mengeditnya pun tidak bisa. kemudian googling lagi, menemukan aplikasi yang baru tetapi cara editnya juga susah. Akhirnya penulis membuat sendiri aplikasi ini dengan memahami rumus-rumus yang didapat dari aplikasi yang susah diedit tadi.
Aplikasi ini sebenarnya sangat sederhana dan dapat dibuat oleh siapa saja yang sudah menguasai excel dasar. Walaupun sangat sederhana, semoga aplikasi ini dapat membantu rekan-rekan guru Indonesia. Kelebihan aplikasi ini adalah:
1. aplikasi terbaru 2018
2. mudah dipahami dan mudah diedit
3. bisa digunakan lagi untuk tahun berikutnya
4. yang pastinya aplikasi ini gratis.

Untuk mendapatkan aplikasi penghitung umur siswa terbaru 2018 silahkan klik di sini

Thursday, August 23, 2018

Kisahku di Agustus



 Persiapan sebelum Upacara Bendera 
dalam rangka memperingati HUT RI yan ke 73

     Awal Agustus tadi sempat jalan ke mall. Karena memang ini bulan kemerdekaan, jadi yang diputer-puter dari speaker mall adalah lagu-lagu Nasional. Pas waktu itu kena lagu "Gugur Bunga". Aku tiba-tiba aja ngomong ke suamiku, "Yank, aku gak suka lagu ini".
Dia langsung mendelikkan matanya ke arahku dan bertanya namun lebih kepada memastikan, "Lagu Gugur Bunga?".
"He'em", jawabku sambil mengangguk.
"Kenapa? Ini kan lagu perjuangan?!" katanya.
"Bukan kayak gitu maksudku. Maksudku.. Ini tuh lebih kayak lagu pembunuhan, pembantaian.. Aku gak suka aja. Gak tau kenapa", jawabku.
Suamiku hanya terdiam.
Mungkin dia memikirkan jawabanku atau hanya merasa gak perlu ambil pusing dengan apa yang baru aku katakan. Entahlah.
     Tapi, jujur.. Setiap aku mendengar instrumental lagunya, aku kayak gak tahan. Maaf, bukan bermaksud apa-apa, hanya saja otomatis di mataku kebayang warna merah marun di mana-mana, aroma anyir darah serasa ada di sekitarku.
Sadis kurasa. Padahal cuma ngebayangin. Gimana waktu itu para pahlawan yang sudah berjuang demi bangsa ini? Melihat langsung, mengalami sendiri.. Sedih aja pokoknya.
Klo dengar lagu ini, moodku langsung berubah drastis. Kadang malah jadi pusing.
Sedih ih.
Sedih, sedih, sedih pokoknya.
Klo upacara kayaknya gak cukup klo cuma menundukkan kepala mengenang beliau-beliau, para pahlawan bangsa. Harus sambil berdoa buat mereka yang berjihad atas nama bangsa dan negara Indonesia.
Semoga rahmat Allah selalu tercurah untuk bangsa kita dan kita menjadi bangsa yang terus menghargai perjuangan para pahlawan kita. Aamiin

Catatan ini diambil dari Jurnal Ellena

Soal-Soal Ulangan Matematika Kelas IV K13 Revisi


Mulai tahun 2017, pelajaran matematika kelas IV K13 sudah dipisahkan dari tema. Hal ini berpengaruh terhadap pembelajaran maupun pembuatan soal-soal. Tetapi buku tema 1 sampai 5 masih belum direvisi sehingga masih ada muatan pelajaran matematika sedangkan di buku tema 6 sampai 9 sudah tidak ada lagi muatan pelajaran matematika di buku tersebut.
Pelajaran matematika menggunakan buku tersendiri. Kita bisa membeli di toko-toko buku terdekat ataupun mendownload. Kami hanya mempunyai Buku Guru Matematika kelas IV yang bisa kalian download, klik di sini.
Adapun KD muatan matematika adalah sebagai berikut:
KD KI 3
3.1 Menjelaskan pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret
3.2 Menjelaskan berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan di antaranya
3.3 Menjelaskan dan melakukan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal
3.4 Menjelaskan faktor dan kelipatan suatu bilangan
3.5 Menjelaskan bilangan prima
3.6 Menjelaskan dan menentukan faktor persekutuan, faktor persekutuan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
3.7 Menjelaskan dan melakukan pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat
3.8 Menganalisis sifat-sifat segibanyak beraturan dan segibanyak tidak beraturan
3.9 Menjelaskan dan menentukan keliling dan luas persegi, persegipanjang, dan segitiga serta hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua
3.10 Menjelaskan hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) menggunakan model konkret
3.11 Menjelaskan data diri peserta didik dan lingkungannya yang disajikan dalam bentuk diagram batang
3.12 Menjelaskan dan menentukan ukuran sudut pada bangun datar dalam satuan baku dengan menggunakan busur derajat

KD KI 4
4.1 Mengidentifikasi pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret
4.2 Mengidentifikasi berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan di antaranya
4.3 Menyelesaikan masalah penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal
4.4 Mengidentifikasi faktor dan kelipatan suatu bilangan
4.5 Mengidentifikasi bilangan prima
4.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan faktor persekutuan, faktor persekutuan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
4.7 Menyelesaikan masalah pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat
4.8 Mengidentifikasi segibanyak beraturan dan segibanyak tidak beraturan
4.9 Menyelesaikan masalah berkaitan dengan keliling dan luas persegi, persegipanjang, dan segitiga termasuk melibatkan pangkat dua dengan akar pangkat dua
4.10 Mengidentifikasi hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) menggunakan model konkret
4.11 Mengumpulkan data diri peserta didik dan lingkungannya dan menyajikan dalam bentuk diagram batang
4.12 Mengukur sudut pada bangun datar dalam satuan baku dengan menggunakan busur derajat


Berikut ini kami bagikan contoh soal-soal Penilaian Harian (PH) matematika kelas IV K13 revisi:
1. PH segi banyak download
2. PH Penyajian data download
3. PH sudut download
4. 

Semoga postingan ini bisa bermanfaat.
Banjarmasin, 23 Agustus 2018

Tuesday, August 14, 2018

Buka Jasa Menyampul Buku


- Daerah Banjarmasin & sekitarnya -

Kami membuka jasa menyampul buku seperti buku pelajaran, buku-buku perpustakaan, buku cerita, novel, buku tulis, dll.

Ketentuan:
Buku uk. A5 & yang lebih kecil = @2k
Buku tulis = @2k
Buku uk. A4 atau F4 = @3k
-》Harga sudah termasuk plastik
-》Khusus untuk buku tulis: plastik + kertas sampul
-》Tidak ada minimal jumlah buku yang harus disampul

Manfaat yang didapat dari menyampul buku yaitu
● Melindungi buku dari hal yang tidak diinginkan spt rusak/cacat,
● Memunculkan sikap cinta buku,
● Memberi nilai lebih pada pemilik buku karena dipandang rapi oleh orang lain,
● Menggambarkan sikap peduli terhadap buku,
● Menjaga buku tetap bersih dari kotoran,
● Mencegah buku dari debu,
● Usia fisik buku menjadi lebih awet,
dsbg.

Dengan menggunakan jasa kami untuk menyampul buku, kamu telah ikut berdonasi untuk membeli buku perpustakaan sekolah.

MERAWAT BUKU = MEMBELI BUKU

Jika berminat, bisa menghubungi nomor di bawah ini:
WA & Tg: 085252822232
Email: Felina.fe@gmail.com

Saturday, August 4, 2018

Contoh Soal-Soal Penilaian Harian Kelas 4 Kurikulum 2013



Guru merupakan salah satu profesi dari tenaga kependidikan. Guru sebagai sebuah profesi tenaga kependidikan memiliki hak dan kewajiban yang sudah diatur dalam Undang-Undang. Salah satu kewajiban guru adalah merencanakan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu, serta menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran.

Penilaian merupakan bagian yang penting dalam pembelajaran. Dengan melakukan penilaian, guru sebagai pengelola kegiatan pembelajaran dapat mengetahui kemampuan yang dimiliki peserta didik, ketepatan metode pembelajaran, dan keberhasilan peserta didik dalam meraih kompetensi yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil penilaian, guru pun dapat memutuskan secara tepat langkah yang akan dilakukan selanjutnya.

Friday, June 8, 2018

Perantau Sukses

Ramadhan identik dengan pulang kampung (pulkam). Bagi mereka yang merantau ke daerah/kota lain, momen Ramadhan selalu diimpikan untuk pulang ke kampung halaman. Biasanya banyak yang pulkam mendekati lebaran. Kampung halaman mempunyai kenangan tersendiri bagi para perantau. Makanya, tidak heran mereka sudah merencanakan dan mempersiapkan jauh-jauh hari biaya untuk pulkam.Biaya transportasi adalah yang utama. Kemudian biaya-biaya lainnya yang tak terduga. Ketika kita dianggap sukses dalam merantau, teman atau keluarga yang di kampung tak lepas dari pertanyaan/pernyataan: "Bagi-bagi THR, dong..." atau "Mau bagi zakat, ya?", dan kalimat sejenis lainnya. Kalau ada yang menanyakan seperti itu, patutlah diri bersyukur karena kita dianggap sukses, apalagi jika kita benar-benar bisa berbagi THR/zakat. Semoga apa yang orang lain pikirkan tentang kebaikan pada diri kita, bisa menjadi doa dan motivasi untuk kita. Aamiin. Sesungguhnya tangan di atas itu lebih baik daripada tangan di bawah.

Wednesday, May 30, 2018

CARA MUDAH MEMBEDAKAN JENIS PENGUNGKIT

Pengungkit atau tuas merupakan salah satu pesawat sederhana yang berguna untuk memudahkan manusia melakukan sesuatu. Pengungkit ada 3 jenis macamnya (ada juga yang menyebutnya 3 golongan atau 3 kelas). Ada pengungkit jenis ke 1, pengungkit jenis ke 2, dan pengungkit jenis ke 3.Bagaimana cara mudah untuk membedakan ketiga jenis pengungkit tersebut?
Baiklah, kami akan berbagi tips dan trik cara mudah membedakannya. Tips dan trik ini kami dapatkan dari seorang teman yang suka membagi ilmunya. Langsung saja, kalian hanya perlu mengingat dua buah kata kunci di bawah ini. Tidak sampai 30 detik kok mengingatnya.

cara mudah mengingat

Perhatikan dua buah kata tersebut, pada kata "TemBaK" ada 3 huruf yang berwarna merah. Huruf tersebut yaitu T, B, dan K. Masing-masing memiliki makna tersendiri. Huruf T artinya Titik Tumpu, huruf B artinya Beban, dan huruf K artinya Kuasa. Kata kedua adalah "TENGAH", artinya tengah (sama saja ya ternyata maknanya). Kemudian ada angka 1 di bawah huruf T, angka 2 di bawah huruf B, dan angka 3 di bawah huruf K. Jadi, maksudnya adalah:
1. Jika di tengah adalah Titik Tumpu (T), maka pengungkit tersebut jenis ke 1.
2. Jika di tengah adalah Beban (B), maka pengungkit tersebut jenis ke 2.
3. Jika di tengah adalah Kuasa (K), maka pengungkit tersebut jenis ke 3.

Saturday, May 26, 2018

Asyiknya buat blog bersama SAGUSABLOG


Bismillahirrahmanirrahim....
Hari ini adalah hari terakhir workshop online bersama SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog), salah satu kanal dari Ikatan Guru Indonesia (IGI). Ada 18 peserta yang sudah dinyatakan lulus, dan masih banyak lagi yang berjuang agar ikut lulus, salah satunya adalah saya. Ada beberapa kendala yang dihadapi peserta, apalagi dalam membuat domain gratis di freenom, banyak yang gagal di sini, coba gagal dan coba lagi. Mungkin freenom juga lelah ya.
Terlepas dari kendala tersebut, saya sangat menikmati membuat blog ini. Tak terasa jam menunjukkan 02.30 dinihari, sempat dua jam aja tidurnya, setelah itu sahur. Apalagi di hari terakhir ini bertepatan dengan Final Liga Champion antara Real Madrid vs Liverpool, bisa sampai sahur nih begadang.
Saya termasuk pemula dalam membuat blog. Kadang bingung sendiri dengan kata-kata asing mengenai blog yang dibicarakan rekan-rekan di kelas telegram. Sambil menyimak, saya pun sambil mencari tahu sendiri arti kata atau maksudnya yang mana.
SAGUSABLOG selalu membuat saya penasaran akan blog. Terasa asyik menikmati ilmu-ilmu yang diberikan. Lulus atau tidaknya saya nanti itu tidak menjadi masalah, yang penting ilmunya keren banget. Terima kasih para mentor yang sudah meluangkan waktu untuk membimbing kami.


Banjarmasin, 27 Mei 2018; 01.52

Tuesday, May 22, 2018

Penilaian Harian Tema 4 Kelas IV

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat!

Monday, May 21, 2018

Silabus Kelas IV K13

Liburan panjang akan segera berakhir dan memasuki tahun ajaran baru. Di tahun ajaran baru, guru harus menyiapkan peralatan tempur untuk memerangi kebodohan (ngomong apa sih). Salah satu yang harus disiapkan adalah silabus.
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran dengan tema tertentu, yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar yang dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan.

Prota dan Promes Kelas IV Kurikulum 2013


Prota (Program Tahunan) adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar semua kompetensi dasar yang ada dapat dicapai oleh siswa. Prota perlu disiapkan oleh seorang guru sebelum tahun ajaran karena Prota ini akan menjadi pedoman pengembangan program-program berikutnya seperti Promes, Silabus, dan RPP.
Promes (Program Semester) adalah program pengajaran yang harus dicapai selama satu semester. Promes merupakan penjabaran dari Prota.
Prota dan Promes KTSP berbeda dengan Kurikulum 2013 (K13). Prota dan Promes K13 terlihat lebih sederhana. Dalam menyusun Promes pun sangat mudah, menceklisnya berurutan karena satu subtema selesai dalam 6 kali pembelajaran (seminggu). Jadi, untuk menceklisnya 1 subtema 1 minggu, kemudian minggu berikutnya diganti dengan subtema selanjutnya.

Video Mars IGI


Belajar bersama IGI di bulan Ramadhan

IGI

Bismillah, Alhamdulillah di bulan penuh berkah ini, salah satu kanal IGI (Ikatan Guru Indonesia) yaitu SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog) mengadakan workshop online gelombang 11. Saya sebagai salah satu peserta workshop online ini sangat bersyukur dan berterima kasih kepada IGI dan SAGUSABLOG yang telah membagikan ilmu dalam membuat blog. Saya dan rekan-rekan terbagi menjadi dua tingkat, yaitu tingkat dasar dan tingkat lanjut. Untuk melihat peserta workshop online gelombang 11 silahkan klik di sini.


sagusablog
Saya masih di tingkat dasar karena baru pertama kali ikut pelatihan SAGUSABLOG dan inilah hasilnya. Alhamdulillah bisa juga seperti rekan-rekan yang lain menjadi blogger walau masih sederhana sekali. Ikuti terus ya postinganku selanjutnya!
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...