Wednesday, May 30, 2018

CARA MUDAH MEMBEDAKAN JENIS PENGUNGKIT

Pengungkit atau tuas merupakan salah satu pesawat sederhana yang berguna untuk memudahkan manusia melakukan sesuatu. Pengungkit ada 3 jenis macamnya (ada juga yang menyebutnya 3 golongan atau 3 kelas). Ada pengungkit jenis ke 1, pengungkit jenis ke 2, dan pengungkit jenis ke 3.Bagaimana cara mudah untuk membedakan ketiga jenis pengungkit tersebut?
Baiklah, kami akan berbagi tips dan trik cara mudah membedakannya. Tips dan trik ini kami dapatkan dari seorang teman yang suka membagi ilmunya. Langsung saja, kalian hanya perlu mengingat dua buah kata kunci di bawah ini. Tidak sampai 30 detik kok mengingatnya.

cara mudah mengingat

Perhatikan dua buah kata tersebut, pada kata "TemBaK" ada 3 huruf yang berwarna merah. Huruf tersebut yaitu T, B, dan K. Masing-masing memiliki makna tersendiri. Huruf T artinya Titik Tumpu, huruf B artinya Beban, dan huruf K artinya Kuasa. Kata kedua adalah "TENGAH", artinya tengah (sama saja ya ternyata maknanya). Kemudian ada angka 1 di bawah huruf T, angka 2 di bawah huruf B, dan angka 3 di bawah huruf K. Jadi, maksudnya adalah:
1. Jika di tengah adalah Titik Tumpu (T), maka pengungkit tersebut jenis ke 1.
2. Jika di tengah adalah Beban (B), maka pengungkit tersebut jenis ke 2.
3. Jika di tengah adalah Kuasa (K), maka pengungkit tersebut jenis ke 3.
Jenis Pengungkit atau Tuas dan Contohnya
1. Pengungkit jenis ke 1
Contohnya adalah: gunting, tang, jungkat-jungkit dan lain-lain.
2. Pengungkit jenis ke 2
Contohnya adalah: pemecah kemiri, gerobak roda satu, pembuka tutup botol, dan lain-lain.
3. Pengungkit jenis ke 3
Contohnya adalah: sekop, stapler, alat memancing, dan lain-lain.
Demikianlah salah satu cara yang bisa digunakan untuk memudahkan mengingat ataupun membedakan jenis-jenis pengungkit. Sampai bertemu lagi di postingan tips dan trik lainnya.

Location: Banjarmasin, Banjarmasin City, South Kalimantan, Indonesia

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...