Thursday, January 23, 2020

Belajar di Luar Kelas ~ Kunjungan Ke Perpustakaan Daerah Provinsi Kalsel


Beberapa hari yang lalu, sekolah kami mengajak siswa-siswa kelas 3, kelas 6, dan sebagian kelas 5 untuk berkunjung ke Perpustakaan Provinsi Kalimantan Selatan yang terletak di Jl. A. Yani km 6 Banjarmasin. Siswa sangat antusias pergi ke Perpustakaan Daerah walaupun di perjalanan ditemani gerimis. Jarang-jarang lho belajar di luar kelas, apalagi sambil jalan-jalan. Ada beberapa alasan kenapa kami memilih Perpustakaan Daerah, yaitu untuk mengenalkan Perpustakaan tersebut kepada siswa, menambah minat baca, menambah wawasan literasi, pengalaman belajar di luar kelas, dan mendaftar sebagai anggota Peprustakaan Daerah. Perpustakaan ini sangat adem karena ber-AC dan dilengkapi fasilitas pendukung lainnya seperti meja dan kursi yang keren-keren, bantal untuk rebahan, rak buku yang modern, ruang bermain, dan banyak lagi yang lainnya.



Kami membawa siswa yang berjumlah 47 orang yang didampingi oleh 2 orang guru. Sesampainya di sana, kami disambut oleh petugas perpustakaan. Sambutan yang sangat hangat dan menghibur siswa dengan ice breaking-nya. Sambil menghibur, petugas tersebut mengenalkan tentang Perpustakaan Daerah termasuk fasilitas yang ada. Setelah selesai, siswa masuk ke ruangan perpustakaan dengan rapi.

Siswa sangat semangat mencari buku yang ingin dibacanya. Buku di sana sangat banyak, menarik, dan tertata dengan keren. Ada siswa yang bingung mau baca apa karena buku-bukunya sangat menarik. Sambil membaca, sebagian siswa mengumpul formulir pendaftaran anggota perpustakaan. Beberapa hari sebelumnya pihak sekolah sudah menyerahkan formulir untuk diisi oleh siswa. Formulir bisa diambil di Perpustakaan dan diperbanyak seperlunya.

Setelah siswa membaca, diperbolehkan ke ruang bermain untuk menikmati fasilitas permainan yang disediakan. Siswa sangat senang bermain di sini. Ada yang bermain rumah-rumahan, menyusun benda-benda, main lego, dan yang lainnya. Permainan di sini ada juga yang khusus untuk anak seusia TK/PAUD yaitu bermain mandi bola jadi siswa kami tidak bisa menggunakan fasilitas ini.

Waktu tak terasa, jarum jam sudah menunjukkan pukul 12.00. Kami siap-siap mau pulang. Kartu pendaftaran juga sudah selesai semua. Jadi kami berfoto bersama dulu sebelum pulang. lihat nih foto di bawah ini.
Setelah berfoto, tak disangka petugas memberikan kejutan. Kami semua diberi snack dan minuman. Bayangkan saja, kita ke perpustakaan malah diberi sanck dan minuman. Tidak rugi lho kalau mau ke sini. Biaya yang sangat murah dan menambah wawasan siswa.

Jika sekolah Bapak/Ibu mau ke Perpustakaan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan ini, begini alurnya:
1. Salah satu guru datang ke sana melapor ingin kunjungan beberapa hari sebelumnya dengan membawa Surat Permohonan Kunjungan. Jika ingin contohnya bisa memfoto Surat Permohonan Kunjungan yang ada di Perpustakaan tersebut atau bisa download di sini.
2. Jika langkah 1 sudah dikerjakan, kita boleh langsung kunjungan ke sana pada hari sesuai di surat permohonan.

Demikianlah pengalaman kami belajar di luar kelas. Semoga bermanfaat bagi bapak dan ibu.
Location: Banjarmasin, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...